Tips Menghindari Melahirkan Dengan Operasi Caesar

Melahirkan caesar menyebabkan rasa sakit yang lebih sedikit dibandingkan melahirkan normal. Tapi, risiko dan komplikasi yang didapatkan dari melahirkan caesar bisa lebih banyak dibandingkan melahirkan normal. Untuk itu cari tahu Tips Menghindari Melahirkan Dengan Operasi Caesar

Selamat datang di salah satu website resmi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal untuk menyembuhkan segala penyakit baik penyakit akut maupun penyakit kronis, yang salah satunya menyediakan Ginkgo Biloba Plus Capsule sebagai obat thrombosis vena dalam. Di sini kami tidak hanya memberikan solusi pengobatan, tetapi juga akan memberikan informasi mengenai tips kesehatan, fakta kesehatan dan semua yang berkaitan dengan kesehatan. Untuk sekarang kami akan memberikan informasi mengenai Tips Menghindari Melahirkan Dengan Operasi Caesar. Berikut informasi lengkapnya.

tips-menghindari-melahirkan-dengan-operasi-caesar

Tips Menghindari Melahirkan Dengan Operasi Caesar — Praktek caesar menjadi kian populer untuk dijadikan pilihan prosedur persalinan, namun terkadang sayangnya tidak disertai alasan yang bersifat darurat medis. Padahal menurut laporan, tingkat kematian menjadi tiga kali lebih tinggi pada para ibu yang menjalani caesar jika dibandingkan dengan ibu yang melahirkan normal. Selain itu perlu diketahui bahwa tindakan caesar pada ibu yang belum mengalami kontraksi dapat menyebabkan peningkatan risiko masalah pernapasan pada bayi mereka.

Seorang pakar kandungnan berpendapat bahwa saat ini sebagian besar wanita yang menjalani proses persalinan secara normal bisa membutuhkan waktu yang lebih panjang. Oleh karena itu pedoman terbaru asosiasi dokter kandungan internasional menyatakan bahwa para wanita hamil yang memiliki risiko gangguan kehamilan rendah sebaiknya diizinkan untuk dapat menghabiskan lebih banyak waktu pada tahap pertama melahirkan. Hal ini demi menghindari tindakan operasi caesar yang sebenarnya tidak diperlukan.

Dokter harus lebih sabar selama menangani proses persalinan dan bukannya bergegas untuk memilih jalan operasi. Memang benar bahwa tujuan caesar adalah untuk menyelamatkan nyawa Bunda dan bayi bila terjadi komplikasi persalinan, namun begitu cepatnya peningkatan jumlah tindakan caesar telah meningkatkan kekhawatiran bahwa caesar terlalu berlebihan dan dilakukan tanpa alasan yang jelas.

Sebagai langkah aman, ada baiknya bunda mengupayakan persalinan normal. Untuk itu, berikut ini kami berikan cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari melahirkan dengan operasi caesar, baik yang dilakuakn selama menjalani kehamilan maupun selama menjalani proses melahirkan. Berikut diantaranya :

  • Mengonsumsi cukup nutrisi selama hamil

Selama ibu dan bayi sehat, kemungkinan mengalami kehamilan berisiko tinggi akan berkurang, dan indikasi medis untuk melahirkan caesar pun menurun. Artinya, ibu berpeluang besar untuk melahirkan secara alami. Perbanyak konsumsi karbohidrat yang sehat terutama selama dua minggu sebelum melahirkan untuk mendapatkan energi yang cukup.

  • Tetap aktif

Jangan berbaring terus di tempat tidur tanpa alasan karena Anda hanya hamil, bukan sakit. Tetap aktif selama hamil justru akan mempermudah proses persalinan, lebih baik dalam menghadapi atau kontrol diri lebih baik saat melahirkan.

  • Tetap di rumah setidaknya sampai mencapai pembukaan ketiga

Masa awal melahirkan akan terasa sangat lama, terutama bagi perempuan yang baru pertama melahirkan. Ibu akan merasa lebih nyaman, stres lebih sedikit, dan nyeri lebih ringan ketika masih tinggal di rumah sendiri, daripada bila buru-buru ke rumah sakit. Hal ini juga akan menghindarkan Anda dari intervensi, seperti induksi, yang bisa meningkatkan peluang caesar.

  • Hindari tindakan induksi untuk mempercepat persalinan

Jika tidak perlu jangan mau menjalani induksi. Dr. Michael Klein dari University of British Columbia menyatakan bahwa 44 persen perempuan yang diinduksi berakhir dengan bedah caesar. Kebanyakan tindakan induksi gagal karena rangsangan itu dilakukan saat leher rahim belum siap. Dan lagi sebuah riset mengungkapkan bahwa usia kehamilan hingga 42 minggu pun tergolong normal, jadi tak perlu bayi diburu-buru lahir.

  • Tetap makan dan minum sesuai selera

Studi terbaru memperlihatkan bahwa perempuan yang diizinkan tetap makan dan minum menjelang waktu melahirkan, akan lebih cepat menjalani persalinan, melahirkan bayi dengan nilai Apgar yang tinggi, mengalami masalah gula darah dan metabolik lebih sedikit, dan memerlukan lebih sedikit obat pereda nyeri.

  • Gunakan pereda nyeri alami

Terapi hangat, pijat, musik, visualisasi, hipnosis, cukup efektif untuk mengurangi rasa nyeri menjelang persalinan. Obat-obatan, termasuk epidural, justru dapat meningkatkan peluang tindakan caesar.

  • Gunakan rangsangan alami jika mungkin

Jika kontraksi tidak terlalu kuat, kebanyakan dokter menggunakan obat tertentu, misalnya bentuk sintetis dari oksitosin yang mengandung risiko nyeri lebih hebat, kontraksi lebih kuat, dan lebih lama, sehingga perlu obat pereda nyeri, hingga risiko caesar. Coba pilih jalan kaki atau merangsang puting payudara yang dapat melepas oksitosin alami di dalam tubuh dan juga pereda nyeri alami, endorfin.

  • Cermat memilih dokter dan rumah sakit

Carilah dokter dan rumah sakit yang tingkat operasi caesarnya rendah. Ada dokter yang gigih mendukung pasiennya untuk dapat melahirkan secara normal, sementara yang lain dengan cepat menyarankan operasi caesar. Karena itu, carilah informasi dari berbagai pihak tentang dokter atau rumah sakit yang tidak fanatik terhadap caesar.

  • Jika dokter memutuskan tindakan caesar, mohon penjelasan

Ada berbagai kondisi yang membuat dokter akhirnya menyarankan tindakan caesar kepada pasiennya, saat sudah berada di ruang bersalin. Tanyakan seberapa perlu tindakan itu untuk menyelamatkan bayi dan ibunya.

Itu dia penjelasan mengenai Tips Menghindari Melahirkan Dengan Operasi Caesar yang dapat kami bagikan. Semoga ada manfaatnya dan dapat menambah wawasan baru anda. Terima kasih telah berkunjung.

Tips Menghindari Melahirkan Dengan Operasi Caesar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s